Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Bahaya Pertolongan Persalinan Di Rumah

KARYA TULIS ILMIAH (KTI)

BAB II
TINJAUN TEORI 


1.    Kehamilan
            Ibu Hamil adalah seorang wanita yang mengandung sel telur yang telah dibuahi atau dihasilkan oleh sperma.
            Kehamilan adalah suatu proses alami yang didahului pertemuan ovum dan sperma yang disebut fertilisasi kemudian dilanjutkan lagi dengan nidasi dan implantasi sampai dengan janin dapat tumbuh dan hidup didunia luar (Janah, 2008)
            Kehamilan (pregnancy) adalah pertemuan dan persenyawaan antara sel telur (ovum) dan sel mani (spermatozoon). (Obsetri fisiologi, 1983).
            Kehamilan adalah suatu proses alami yang didahului pertemuan ovum dan sperma yang disebut fertilisasi kemudian dilanjutkan dengan nidasi dan implantasi sampai janin dapat tumbuh dan hidup di dunia luar. Lamanya Kehamilan dimulai dari ovulasi sampai partus adalah kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu) (Wiknjosastro, 2006 : 11).

            Ditinjau dari tuanya kehamilan, kehamilan dibagi dalam 3 bagian atau  trimester/3 triwulan
1.    Triwulan pertama        : 0 – 12  minggu
2.    Triwulan kedua           : 12 – 28  minggu
3.    Triwulan ketiga           : 28 – 40 minggu
            Dalam triwulan pertama alat-alat mulai di bentuk, dalam triwulan kedua alat-alat telah dibentuk tetapi belum sempurna dan viabilitas janin masih disangsikan dan triwulan terakhir janin telah viabel atau dapat hidup. Bila hasil konsepsi dikeluarkan pada kehamilan dibawah 20 minggu disebut abortus atau keguguran. Bila terjadi dibawah 36 minggu disebut partus prematurus (persalinan prematur). Kelahiran dari 38 – 40 minggu disebut partus aterm.

2.      Persalinan
a.      Definisi Persalinan
       Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus melalui vagina ke dunia luar. (Wiknjosastro, 2006: 180)
       Persalinan adalah serangkaian kejadian yang berakhir dengan pengeluaran bayi yang cukup bulan atau hampir cukup bulan, disusul dengan pengeluaran plasenta dan selaput janin dari tubuh ibu.   (Fisiologi Obsetri Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, 1983: 221)    
       Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri), yang dapat hidup ke dunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalan lain (Mochtar, Rustam).
       Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin atau uri) yang telah cukup bulan atau hidup di luar kandungan melalui jalan lahir atau melalui jalan lain, dengan bantuan atau tanpa bantuan (Manuaba, 1998).
Persalinan (partus atau labor) secara luas adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri), yang dapat hidup kedunia luar, dari rahim (uterus) melalui jalan lahir atau dengan jalan lain (Janah, 2008).
           
b.    Bentuk Persalinan
1)   Berdasarkan  pengertian persalinan menurut cara persalinan :
a)   Persalinan biasa atau disebut juga persalinan spontan adalah proses lahirnya bayi pada LBK dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.
b)   Persalinan luar biasa adalah persalinan pervagina dengan menggunakan  bantuan alat-alat (misalkan ekstraksi dengan forceps atau vacuum) atau melalui dinding perut dengan operasi caesarea.
c)   Persalinan anjuran adalah persalinan yang tidak dimulai dengan sendirinya akan tetapi berlangsung setelah dilakukan perangsangan misalnya dengan pemecahan ketuban dan pemberian prostaglandin.
2)   Berdasarkan tuanya umur kehamilan :
a)   Abortus (keguguran) adalah terhentinya kehamilan sebelum janin dapat hidup (viable), berat janin dibawah 1000 gram dengan umur kehamilan dibawah 28 minggu.
b)   Partus immaturus adalah pengeluaran janin yang terjadi pada umur kehamilan antara 22-28 minggu dengan berat badan bayi antara 500-999 Gr.
c)   Partus prematurus adalah persalinan dari hasil konsepsi pada umur 28-36 minggu, janin dapat hidup tetapi prematur dan berat janin antara 1000-2500 Gr.
d)  Partus matures atau aterm (cukup bulan) adalah partus pada umur kehamilan 37-40 minggu, janin matur dengan berat badan > 2500 gram.
e)   Partus postmaturus atau serontinus (lebih bulan) adalah persalinan yang terjadi 2 minggu atu lebih dari waktu partus yang ditaksirkan, janin tersebut disebut postmatur


Selengkapnya Download Disini
* * * Download * * *

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar